Minggu, 07 September 2014

Rambut gimbal harus di ruat

INIPOST.COM - Rambut gimbal harus di ruat Rambut anda gimbal kok mesti di ruat?, tenang saja ini hanya terjadi di pegunungan dieng kalau anda bukan dari pegunungan dieng rambut anda aman dan tidak perlu di ruat kecuali rambut anda harus di jaga dan di rawat supaya bersih dan tidak lepek.

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15—20°C di siang hari dan 10°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian. (wikipedia)

Dieng Culture Festival (DCF) kembali digelar di Jawa Tengah. Festival rakyat terbesar di pegunungan Dieng ini menampilkan berbagai keunikan budaya yang menjadi daya tarik bagi para pelancong baik dari nusantara dan mancanegara.

Seperti dikutip dari situs web Dieng Culture Festival, festival yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali itu menyuguhkan atraksi seni budaya seperti, wayang, kulit, hingga pameran kerajinan khas pegunungan Dieng.

Tidak hanya itu, salah satu ritual yang banyak dinantikan dalam Dieng Culture Festival (DCF) adalah potong rambut gimbal. Pada puncak acara, anak rambut gimbal naik kereta sambil diiringi oleh manggolo yudho dan berbagai macam kesenian yang ada di dataran tinggi Dieng.
Setelah itu, rambut anak-anak tersebut dipotong dan dilarung ke sungai atau ke telaga yang airnya mengalir ke selatan sebagai wujud pengembalian rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar